Transaksi jual beli hanya bisa terjadi jika ada barang/jasa, penjual dan pembeli. Menawarkan barang/produk dan jasa tidaklah mudah. Apalagi jika kompetitor tak terhitung jumlahnya, mempertahankan pelanggan jauh lebih susah.
Konsumen hanya bisa menjadi pelanggan tetap jika pelayanan penjual barang/jasa dianggap memenuhi kebutuhan si konsumen dan sesuai harapan. Jika konsumen puas maka ia pasti menjadi pelanggan tetap dan tidak mudah pindah ke lain hati. Harga termurah mungkin bisa menjadi salah satu alasan dan daya tarik bagi konsumen untuk menjadi pelanggan setia. Namun ada hal-hal lain yang bisa dilakukan sang pedagang untuk mempertahankan kesetiaan customernya.
Beberapa cara mempertahankan pelanggan adalah:
1. Pelayanan paripurna
Sebagai pedagang selayaknya memperlakukan customer dengan baik dan sopan. Informatif dan kooperatif adalah persyaratan utama. Seorang penjual sudah selayaknya memahami seluk beluk barang/jasa yang dijual. Misalnya harga dan kemasan. Kooperatif adalah hal yang disukai customer dari seorang penjual barang/jasa. Misalnya ketepatan waktu dalam mengantar pesanan atau janji perbaikan.
2. Bonus dan perhatianSesekali berikan bonus meski bernilai nominal kecil bagi customer. Bonus dan hadiah ini menjadi bentuk perhatian yang disukai customer. Perlakukan pelanggan layaknya keluarga atau saudara. Jadikan mereka sebagai subyek, bukan obyek. Perhatian yang tulus ketika mereka sakit atau butuh bantuan akan menumbuhkan rasa simpati dan menjadi alasan untuk terus menjalin silaturahim.
3. Jaga kepercayaan customer
Selalu bersikap jujur, jangan melakukan tindakan tidak jujur misalnya dengan mencampur barang yang kualitasnya jauh berbeda dan dijual dengan harga tinggi. Berdagang tak hanya mengejar keuntungan, tetapi juga berharap keberkahan.
4. Tak perlu melakukan black campaign pada kompetitor
Berlakulah wajar dalam sebuah persaingan. Tak perlu menjatuhkan nama kompetitor dan membandingkan dengan produk/jasa yang kita jual. Iklan, penawaran yang terkesan menjatuhkan kompetitor seringkali membuat pelanggan tak lagi merasa simpati.
5. Doakan para pelanggan
Yang terpenting dari segala ikhtiar, luangkan waktu untuk mendoakan para pelanggan. Doakan agar mereka sehat dan lancar rezeki dan bisa terus menjadi pelanggan barang/jasa yang kita tawarkan.
Demikianlah lima cara mempertahankan pelanggan dalam bisnis. Salah satu langkah mengais rezeki adalah berdagang. Berdaganglah dengan cara terhormat dan tidak melakukan hal-hal yang merugikan siapa saja.
Nah, yang sering terjadi tuh pelanggan ramai di awal dan semakin lama semakin banyak yang lari karena berbagai alasan. Jadi kita harus pertahanin, nih, mantep. Terima kasih tipsnya.
ReplyDelete